Release Note
ZenTalk


Cerita di Balik Desain ZenFone 2

9337 7
Jump to specific floor
Latest Post
ZenX IDN Level 7 | All posts

ZenFone 2

ZenFone 2

Desain ZenFone2 yang ringan, slim, melengkung di pinggirannya dan harmonis tidak muncul hanya dalam satu malam, setiap lekukan dan lokasi setiap tombol dirancang dari hasil kerja keras tim ASUS Design. "Cerita di Balik Desain ZenFone2" ini mengajak kita untuk melihat seperti apa proses pembuatannya, ZenFans akan kagum dengan desain yang merupakan hasil rancangan yang sangat berhati-hati dari tim desain.

Proposal

Proposal


Proposal desain awal ZenFone2 terbagi menjadi 4 fase: A, B, C dan D:
A. Melanjutkan desain ZenFone1 dan melakukan modifkasi susunannya untuk membentuk bahasa desain visual baru.
B. Mencoba berbagai limitasi di ZenFone1
C. Meningkatkan desain ZenFone1 dengan maksud mengejar kenyamanan saat menggenggamnya.
D. Menggabungkan fase A, B dan C, inilah yang menjadi ZenFone2 saat ini

Bagaimana prosesnya berjalan? Mari kita lihat langkah-langkahnya.
A:

A

A

Fase A melakukan modifikasi susunan dari ZenFone1, dengan harapan kedua sisi smartphone dapat terintegrasi dengan baik dan membuat cover belakang yang metalik menjadi lebih tipis, sehingga terlihat rapih dan natural. Sebagai tambahan, tim desain juga membuat ZenFone2 semakin nyaman ketika digenggam dengan tangan, karena layar ZenFone2 memiliki ukuran yang besar, yaitu 5,5 inci, di mana ini mendekat sebuat Phablet. Oleh karena itu gengaman akan terasa lebih lebar, yang berarti harus dilakukan perancangan yang lebih hati-hati.

B

B


B:

B

B

Fase B adalah pengembangan dari elemen klasik dari ZenFone1, memaksimalkan ukuran desain, ketipisan dan rasio.

C:

C

C

Memasuki fase C, sisi samping di kedua sisi dibentuk untuk menjadi setipis mungkin dan tombol-tombol dipindahkan ke bagian lengkungan sisi samping ZenFone2, hal ini membuat bagian samping menjadi terlihat sangat tipis. Dalam hal genggaman, fase C adalah yang paling nyaman, tetapi dengan maksud untuk memaksimalkan pengalaman pengguna yang lebih baik, tim desain kembali berdikusi dan menyadari jika tombol volume di sisi lengkungan ditekan akan memimbulkan ketidaknyamanan seperti gambar di bawah ini:

Button

Button


Gambar di kiri merupakan fase B yang tombol-tombolnya masih berada di sisi samping, ketika ditekan maka akan timbul dorongan dari arah ibu jari ke arah 4 jari lainnya, ini menjadikannya sangat stabil dalam penggunaan. Gambar kanan merupakan fase C, di mana tombol-tombol sudah berada di sisi samping bagian yang melengkung. Ketika tombol volume ditekan maka akan menyebabkan dorongan ke depan yang membuat ZenFone2 akan mungkin menjadi terjatuh. Oleh karena itu tim desain menggunakan fase D sebagai proposal akhir.

D:

D

D


Dengan maksud mencapai keseimbangan visual, tinggi sisi samping dari fase D sedikit ditingkatkan dari fase C dan tombol di sisi lengkungan dipindahkan ke bagian belakang. Hal ini tidak hanya menyelesaikan permasalah ZenFone2 fase C yang mudah terjatuh, tetapi juga memberikan kesan bersih dan rapih di bagian samping, juga menjadikannya terlihat lebih tipis dan lebih ringan.

D

D


Meskipun mulusnya cover belakang di fase C dibuang, tidak diragukan di fase D tingkat kenyamanannya sama baiknya dengan fase C. Tidak hanya menjaga keringanan dan tampilan yang slim, fase D ini juga memberikan level kenyamanan dan genggaman yang lebih baik ketika menekan tombol.
Kesimpulannya, ZenFone2 mengambil pertimbangan elemen-elemen daya cengkram yang baik, keindahan desain dan lainnya, juga telah melewati berbagai fase pertimbangan dan eksperimen untuk mencapai pilihan akhir. Fase D merupakan rancangan akhir untuk ZenFone2.




Source: ZenTalk TW     Author: ZenTalk_Joey


We are always in search of incredible!
Props
Anonymous 
enak emang saya suka desainnya... tipis dan tetap gaya. Saya pakai asus fonepad 8
Props
IDN Level 5 | All posts

enak emang saya suka desainnya... tipis dan tetap gaya. Saya pakai asus fonepad 8
Props
IND Level 2 | All posts
ZenFone 2 warna putih cantik banget
Props
IDN Level 1 | All posts
emang enak digenggam gan , tapi tombol powernya jauh banget , tapi terbantu dengan adanya gesture doubletap2wake / doubletap2sleep
Props
IDN Level 2 | All posts
yup, agak beda sama yg lain. jadi kesannya ekslusif
Props
IDN Level 2 | All posts
Enak di genggam tapi rada susah kalo mau browsing taro dimeja. Haha.
Props
IDN Level 5 | All posts
Mantap enak di genggam walau agak besar
Props
Advanced mode
You need to login first Login | Register Now

Points policy of this forum

!wish!

Archiver|Mobile ver.|

Fast reply Top Return to list
Share by pm